Tuesday 16 October 2018

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM KAITANNYA UNTUK PENCIPTAAN LAPANGAN PEKERJAAN

Business photo created by jannoon028 - www.freepik.com
Dewasa ini perkembangan teknologi informasi sangatlah pesat. Kita sebagai generasi muda penerus bangsa dituntut untuk menyesuaikan dengan kondisi yang seperti sekarang ini. Kita dituntut untuk mengikuti perkembangan jaman agar kita tidak tertinggal oleh perkembangan  dunia. Yang mengharuskan kita untuk mempelajari teknologi dan informasi yang sedang berkembang saat ini. Kita harus bisa menyesuaikan  dengan kondisi yang ada.


Selama ini teknologi dipandang sebagai penutup lapangan pekerjaan karena robot - robot yang telah diciptakan dapat menggantikan para buruh. Selain biaya produksi menjadi lebih murah, hasil dari robot – robot itu juga lebih baik.




Dengan berkembangnya teknologi informasi sekarang ini, lapangan pekerjaan malah semakin terbuka lebar. Jaman sekarang untuk membuka toko kita tidak perlu repot – repot menyewa atau membeli lahan yang strategis untuk dijadikan toko. Kita dapat membuka toko ghaib, yaitu toko online (atau biasa disebut dengan olshop). Dengan begini kita hanya perlu gudang untuk penyimpanan barang – barang yang dijual.


Bahkan ada sistem jual beli online yang tidak memerlukan gudang dan modal yang besar. Sistem tersebut adalah sistem dropship. Menurut Wikipedia dropship adalah sebuah teknik pemasaran dimana penjual tidak menyimpan stok barang, dan dimana jika penjual mendapatkan order, penjual tersebut langsung meneruskan order dan detail pengiriman barangnya ke distributor / supplier / produsen. Dengan begitu kita tidak perlu modal yang besar karena kita beli jika ada order yang masuk saja dan kita tidak perlu menyediakan stok barang. Dropshipper (sebutan untuk orang yang menjual dengan sistem dropship) bisa langsung menjual produk hanya dengan modal gambar dan deksripsi dari spesifikasi produk saja. Untuk memulai menjadi dropshipper yang anda butuhkan hanyalah mencari supplier terlebih dahulu. Dan pastikan supplier tersebut terpercaya dan memiliki kualitas barang atau jasa yang bagus.


Tidak terbatas pada olshop saja, ojek online (ojol) juga telah turut membuka lapangan pekerjaan yang sangat luas. Untuk bapak – bapak yang masih menganggur bahkan mahasiswa yang ingin uang tambahan bisa menjadi driver ojek online. Mereka dapat mendaftar terlebih dahulu menjadi driver Go-Jek atau Grab atau juga yang lain semacamnya. Menurut tribunnews jatim saat ini Go-Jek sudah ada di 62 kota dan kabupaten di 17 provinsi, sudah cukup luas jangkauan dari Go-Jek ini dan kedepannya mungkin lebih luas lagi jangkauan dari Go-Jek ini.


Bahkan platform youtube dan blog juga bisa dijadikan untuk sarana penghasil uang. Kita mendapatkan uang dari hasil bayaran oleh google adsense. Dengan sistem mengiklankan iklan dari google adsense kepada viewers atau pembaca kita. Dan masih banyak lagi platform yang dapat menghasilkan uang di internet yang dapat membantu perekonomian kita.


Sebagai generasi muda yang kreatif kita juga bisa membuka lapangan pekerjaan melalui perkembangan teknologi informasi yang seperti sekarang ini. Ayo sumbangkan ide – ide kreatif kalian untuk turut serta dalam memajukan perekonomian negeri ini. Agar nantinya angka pengangguran di Indonesia dapat berkurang dengan jumlah yang cukup banyak sehingga kita bisa menjadi bangsa yang lebih maju.
Selamat berkarya!

Referensi :


Add Comments


EmoticonEmoticon