Penelusuran Artikel Jurnal Ilmiah
Tujuan |
: |
Mahasiswa mampu menggali dan
mengidentifikasi kajian teori, hasil-hasil penelitian dan pendekatan riset
dalam etnomatematika dan pembelajaran matematika |
Diskusi 1: Melakukan Penelusuran Artikel Jurnal Ilmiah
Artikel 1
Judul Artikel |
: |
ETHNOMATHEMATICS: MUSICAL INSTRUMEN IN
JA'I DANCES FOR CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING IN ELEMENTARY SCHOOLS |
Nama Penulis |
: |
Fredy Gregorius Sebo Bito |
Institusi Penulis |
: |
Universitas Musamus Merauke |
Kata Kunci |
: |
Culturally responsive teaching,
ethnomatematics, ja’I dance |
Nama Jurnal |
: |
Journal of Elementary Education |
Volume, Nomor (Tahun) |
: |
Volume 4, Number 2, September 2020 |
Nomor Halaman |
: |
183-194 |
DOI |
: |
|
Sitasi/Citation Artikel (Format APA) |
: |
Gregorius Sebo Bito, Fredy. (2020). ETHNOMATHEMATICS:
MUSICAL INSTRUMEN IN JA'I DANCES FOR CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING IN
ELEMENTARY SCHOOLS, 4(2), 183-194. doi.org/10.22460/pej.v4i2.1853 |
Artikel 2
Judul Artikel |
: |
ETNOMATEMATIKA PADA
AKTIVITAS PETANI KAKAO DESA TEMUASRI SEMPU BANYUWANGI SEBAGAI BAHAN AJAR
SISWA |
Nama Penulis |
: |
Indri Aprilianti, Sunardi, dan Erfan Yudianto |
Institusi Penulis |
: |
Universitas Jember |
Kata Kunci |
: |
Ethnomatematics, cocoa farmers, culture |
Nama Jurnal |
: |
Saintifika |
Volume, Nomor (Tahun) |
: |
21, 1 (2019) |
Nomor Halaman |
: |
1-8 |
DOI |
: |
|
Sitasi/Citation Artikel (Format APA) |
: |
Aprilianti, Indri., Sunardi, Sunardi.,
Yudianto, Erfan. ETNOMATEMATIKA PADA AKTIVITAS PETANI KAKAO DESA TEMUASRI SEMPU
BANYUWANGI SEBAGAI BAHAN AJAR SISWA, 21(1), 1-8. doi.org/10.19184/kdma.v9i2.10392 |
Artikel 3
Judul Artikel |
: |
Eksplorasi Etnomatematika Pernikahan
(Kawia’a) Masyarakat Binongko |
Nama Penulis |
: |
Wa Ode Nining Setiyawan, Kadir, dan
Mustamin Anggo |
Institusi Penulis |
: |
Universitas Halu Oleo |
Kata Kunci |
: |
Etnomatematika, Kawia’a |
Nama Jurnal |
: |
Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika |
Volume, Nomor (Tahun) |
: |
4, 1(2019) |
Nomor Halaman |
: |
1-11 |
DOI |
: |
|
Sitasi/Citation Artikel (Format APA) |
: |
Setiyawan, Wa Ode Nining., Kadir,
Kadir,. Anggo, Mustamin. Eksplorasi Etnomatematika Pernikahan (Kawia’a) Masyarakat
Binongko, 4(1), 2019, 1-11. doi.org/10.33772/jpbm.v4i1.6519 |
Artikel 4
Judul Artikel |
: |
Pembelajaran Etnomatematika Sunda
melalui Permainan Endog-endogan dan Engklek untuk Siswa Sekolah Dasar dalam
Materi Pecahan |
Nama Penulis |
: |
Supriadi dan Andika Arisetyawan |
Institusi Penulis |
: |
Universitas Pendidikan Indonesia |
Kata Kunci |
: |
Etnomatematika, Pecahan, Engklek,
Endog-endogan, Sunda |
Nama Jurnal |
: |
Prosiding Seminar Nasional Integrasi
Matematia dan Nilai Islami |
Volume, Nomor (Tahun) |
: |
3, 1(2019) |
Nomor Halaman |
: |
97-101 |
DOI |
: |
|
Sitasi/Citation Artikel (Format APA) |
: |
Supriadi, Supriadi., Arisetyawan,
Andika. Pembelajaran Etnomatematika Sunda melalui Permainan Endog-endogan dan
Engklek untuk Siswa Sekolah Dasar dalam Materi Pecahan, 3(1), 2019, 97-101. |
Diskusi 2: Mempelajari Bagian-bagian Artikel Jurnal Ilmiah
Untuk mengerjakan diskusi ini, bacalah artikel-artikel
yang telah dianalisis pada Diskusi 1 sebelumnya secara cermat dan jawablah pertanyaan-pertanyaan
berikut.
a. Amatilah artikel tersebut dengan cermat. Adakah bagian-bagian
berikut pada artikel? Beri tanda centang (√) pada kolom yang sesuai.
Bagian |
Artikel 1 |
Artikel 2 |
Artikel 3 |
Artikel 4 |
||||
Ada |
Tidak |
Ada |
Tidak |
Ada |
Tidak |
Ada |
Tidak |
|
Judul Penelitian |
√ |
|
√ |
|
√ |
|
√ |
|
Intisari/abstrak berbahasa Indonesia |
√ |
|
|
√ |
√ |
|
√ |
|
Abstract (intisari berbahasa Inggris) |
√ |
|
√ |
|
√ |
|
|
√ |
Pendahuluan |
√ |
|
√ |
|
√ |
|
√ |
|
Kajian Pustaka/Landasan Teori |
|
√ |
|
√ |
|
√ |
|
√ |
Metode Penelitian |
√ |
|
√ |
|
√ |
|
√ |
|
Hasil dan Pembahasan |
√ |
|
√ |
|
√ |
|
√ |
|
Simpulan (Simpulan dan Saran) |
√ |
|
√ |
|
√ |
|
√ |
|
Daftar Pustaka |
√ |
|
√ |
|
√ |
|
√ |
|
Ucapan Terima Kasih |
√ |
|
|
√ |
|
√ |
√ |
|
Biografi Penulis |
|
√ |
|
√ |
|
√ |
|
√ |
b. Berdasarkan informasi pada artikel, mengapa penelitian (pada
artikel) tersebut perlu dilakukan? Beri penjelasan secara ringkas!
Artikel 1 |
: |
Untuk mengeksplorasi unsur budaya
sebagai konten pembelajaran karena guru perlu memiliki kemampuan untuk
mengeksplorasi fenomena-fenomena matematika dalam unsur budaya sebagai konten
pembelajaran. |
|
|
|
Artikel 2 |
: |
Untuk mengetahui lebih dalam mengenai
etnomatematika yang muncul dalam aktivitas bertani kakao. |
|
|
|
Artikel 3 |
: |
Pembelajaran di sekolah kurang
memanfaatkan potensi budaya dan permasalahannya dalam pembelajaran sehingga
perlu digali lagi mengenai budaya dan permasalahannya untuk dimanfaatkan
dalam pembelajaran. |
|
|
|
Artikel 4 |
: |
Untuk menganalisis permainan engklek dan
endog-endogan yang akan digunakan untuk pembelajaran berbasis etnomatematika. |
Informasi untuk menjawab pertanyaan ini dapat ditemukan pada bagian Pendahuluan.
c. Berdasarkan informasi pada artikel, adakah
penelitian-penelitian sebelumnya yang berhubungan dengan penelitian pada
artikel tersebut? Bila ada, berikan salah satu contohnya.
Artikel 1 |
: |
Wonda, T. C. R. N. (2016). Implementasi Kriptografi Block
Cipher 128 bit Menggunakan Pola Lantai dan Gerakan Tangan Tarian Ja’i.
Universitas Kristen Satya Wacana Salatig. |
|
|
|
Artikel 2 |
: |
Agustin, M. A., Sunardi, & Setiawan, T. B. 2017.
Aktivitas Etnomatematika Petani Kopi
Di Daerah Sidomulyo Jember Sebagai Bahan Ajar Lembar Proyek Siswa. 1–8. |
|
|
|
Artikel 3 |
: |
Tidak ada |
|
|
|
Artikel 4 |
: |
Tidak ada |
Informasi untuk menjawab pertanyaan ini dapat ditemukan pada
bagian Daftar Pustaka.
d. Berdasarkan informasi pada artikel, berilah tanda centang (√)
pada kolom yang sesuai.
Artikel 1
1) |
Subjek/Sampel Penelitian |
2) |
Konten/Lingkup matematika yang diteliti |
|
|
√ |
SD/MI |
|
Bilangan dan operasinya |
|
|
SMP/MTs |
|
Aljabar |
|
|
SMA/MA |
√ |
Geometri |
|
|
Perguruan Tinggi |
√ |
Pengukuran |
|
|
Masyarakat Umum |
|
Analisis Data dan Probabilitas |
|
|
Lainnya: …………………………………… |
|
Lainnya: …………………………………… |
Artikel 2
1) |
Subjek/Sampel Penelitian |
2) |
Konten/Lingkup matematika yang diteliti |
|
|
|
SD/MI |
√ |
Bilangan dan operasinya |
|
|
SMP/MTs |
|
Aljabar |
|
|
SMA/MA |
|
Geometri |
|
|
Perguruan Tinggi |
√ |
Pengukuran |
|
√ |
Masyarakat Umum |
|
Analisis Data dan Probabilitas |
|
|
Lainnya: …………………………………… |
|
Lainnya: …………………………………… |
Artikel 3
1) |
Subjek/Sampel Penelitian |
2) |
Konten/Lingkup matematika yang diteliti |
|
|
|
SD/MI |
√ |
Bilangan dan operasinya |
|
|
SMP/MTs |
|
Aljabar |
|
|
SMA/MA |
|
Geometri |
|
|
Perguruan Tinggi |
|
Pengukuran |
|
√ |
Masyarakat Umum |
√ |
Analisis Data dan Probabilitas |
|
|
Lainnya: …………………………………… |
|
Lainnya: …………………………………… |
Artikel 4
1) |
Subjek/Sampel Penelitian |
2) |
Konten/Lingkup matematika yang diteliti |
|
|
√ |
SD/MI |
√ |
Bilangan dan operasinya |
|
|
SMP/MTs |
|
Aljabar |
|
|
SMA/MA |
|
Geometri |
|
|
Perguruan Tinggi |
|
Pengukuran |
|
|
Masyarakat Umum |
|
Analisis Data dan Probabilitas |
|
√ |
Lainnya: Guru |
|
Lainnya: …………………………………… |
Informasi untuk menjawab pertanyaan ini dapat ditemukan pada
bagian Abstrak, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, atau Simpulan.
e. Berdasarkan informasi pada artikel, berikan penjelasan secara
singkat mengenai jenis penelitian, metode penelitian, pendekatan penelitian,
dan/atau prosedur (langkah-langkah) penelitian tersebut dilakukan?
Artikel 1 |
: |
Penelitian deskriptif kualitatif |
|
|
|
Artikel 2 |
: |
Penelitian kualitatif dengan pendekatan
etnografi |
|
|
|
Artikel 3 |
: |
Penelitian Kuantitatif eksploratif
dengan pendekatan etnografi |
|
|
|
Artikel 4 |
: |
Metode Didactical Design Research
(DDR) |
Informasi untuk menjawab pertanyaan ini dapat ditemukan pada
bagian Abstrak atau Metode Penelitian.
f. Berdasarkan informasi pada artikel, bagaimana cara peneliti
melakukan (teknik) pengumpulan data? Berikan penjelasan secara singkat.
Artikel 1 |
: |
Interview, observasi langsung pada
pengiring (alat) musik jai, dan mempelajari dokumen-dokumen yang berkaitan. |
|
|
|
Artikel 2 |
: |
Observasi dan wawancara |
|
|
|
Artikel 3 |
: |
Wawancara semi terstruktur dan observasi |
|
|
|
Artikel 4 |
: |
Refleksi dan Tes kesulitan Belajar |
Informasi untuk menjawab pertanyaan ini dapat ditemukan pada
bagian Abstrak atau Metode Penelitian.
g. Berdasarkan informasi pada artikel, adakah keterbatasan atau
kelemahan dari hasil penelitian tersebut? Bila ada, berikan penjelasan secara
singkat.
Artikel 1 |
: |
Tidak ada |
|
|
|
Artikel 2 |
: |
Tidak ada |
|
|
|
Artikel 3 |
: |
Tidak ada |
|
|
|
Artikel 4 |
: |
Tidak ada |
Informasi untuk menjawab pertanyaan ini dapat ditemukan pada bagian Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan & Penutup.
h. Berdasarkan informasi pada artikel, apakah luaran dari
penelitian tersebut? Berikan penjelasan secara singkat.
Artikel 1 |
: |
Pada alat musik untuk ja’I dance dapat
digunakan untuk pembelajaran matematika untuk beberapa konsep geometri seperti
lingkaran, tabung, kerucut, dan bola. |
|
|
|
Artikel 2 |
: |
Bahan ajar siswa berupa paket soal tes
dengan topik etnomatematika pada aktivitas petani kakao dengan mengangkat
materi perbandingan dan aritmatika sosial. |
|
|
|
Artikel 3 |
: |
Pembelajaran berbasis budaya lokal
contohnya pada budaya pernikahan Masyarakat Binongko. |
|
|
|
Artikel 4 |
: |
Pembelajaran Konsep Pecahan dengan menggunaakn
Permainan Tradisional Engklek dan Endog-endogan untuk SD. |
Informasi untuk menjawab pertanyaan ini dapat ditemukan pada
bagian Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan & Penutup.
i. Suatu kutipan dapat ditandai dengan nama penulis yang dikutip
beserta tahunnya, nomor penunjuk catatan kaki, maupun nomor penunjuk referensi.
Perhatikan contoh berikut.
Menurut Budiardjo (2007), partai politik pertama-tama lahir
di negara-negara Eropa Barat.
Partai politik mula-mula dijumpai di negara-negara Eropa
Barat (Budiardjo, 2007).
Keberadaan partai politik mula-mula dijumpai di negara-negara
Eropa Barat1.
Keberadaan partai politik mula-mula dijumpai di negara-negara
Eropa Barat [1]
Dari isi artikel (Pendahuluan sampai dengan Simpulan dan Saran),
bagian mana sajakah yang memuat kutipan?
Artikel 1 |
: |
Pendahuluan, Hasil dan Pembahasan |
|
|
|
Artikel 2 |
: |
Pendahuluan, Hasil dan Pembahasan |
|
|
|
Artikel 3 |
: |
Pendahuluan |
|
|
|
Artikel 4 |
: |
Tidak ada |
j. Berdasarkan informasi pada artikel, berapa banyak sumber
informasi (buku/jurnal) yang dipergunakan untuk menyusun artikel penelitian
tersebut?
Artikel 1 |
: |
24 |
|
|
|
Artikel 2 |
: |
12 |
|
|
|
Artikel 3 |
: |
7 |
|
|
|
Artikel 4 |
: |
10 |
Informasi untuk menjawab pertanyaan ini dapat ditemukan pada
bagian Daftar Pustaka.