Wednesday, 29 December 2021

Beberapa Jurnal tentang Etnomatematika

Penelusuran Artikel Jurnal Ilmiah

Tujuan

:

Mahasiswa mampu menggali dan mengidentifikasi kajian teori, hasil-hasil penelitian dan pendekatan riset dalam etnomatematika dan pembelajaran matematika

 

Diskusi 1: Melakukan Penelusuran Artikel Jurnal Ilmiah

Artikel 1

Judul Artikel

:

ETHNOMATHEMATICS: MUSICAL INSTRUMEN IN JA'I DANCES FOR CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING IN ELEMENTARY SCHOOLS

Nama Penulis

:

Fredy Gregorius Sebo Bito

Institusi Penulis

:

Universitas Musamus Merauke

Kata Kunci

:

Culturally responsive teaching, ethnomatematics, ja’I dance

Nama Jurnal

:

Journal of Elementary Education

Volume, Nomor (Tahun)

:

Volume 4, Number 2, September 2020

Nomor Halaman

:

183-194

DOI

:

https://doi.org/10.22460/pej.v4i2.1853

Sitasi/Citation Artikel

(Format APA)

:

Gregorius Sebo Bito, Fredy. (2020). ETHNOMATHEMATICS: MUSICAL INSTRUMEN IN JA'I DANCES FOR CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING IN ELEMENTARY SCHOOLS, 4(2), 183-194. doi.org/10.22460/pej.v4i2.1853

Artikel 2

Judul Artikel

:

ETNOMATEMATIKA PADA AKTIVITAS PETANI KAKAO DESA TEMUASRI SEMPU BANYUWANGI SEBAGAI BAHAN AJAR SISWA

Nama Penulis

:

Indri Aprilianti, Sunardi, dan Erfan Yudianto

Institusi Penulis

:

Universitas Jember

Kata Kunci

:

Ethnomatematics, cocoa farmers, culture

Nama Jurnal

:

Saintifika

Volume, Nomor (Tahun)

:

21, 1 (2019)

Nomor Halaman

:

1-8

DOI

:

https://doi.org/10.19184/kdma.v9i2.10392

Sitasi/Citation Artikel

(Format APA)

:

Aprilianti, Indri., Sunardi, Sunardi., Yudianto, Erfan. ETNOMATEMATIKA PADA AKTIVITAS PETANI KAKAO DESA TEMUASRI SEMPU BANYUWANGI SEBAGAI BAHAN AJAR SISWA, 21(1), 1-8. doi.org/10.19184/kdma.v9i2.10392

Artikel 3

Judul Artikel

:

Eksplorasi Etnomatematika Pernikahan (Kawia’a) Masyarakat Binongko

Nama Penulis

:

Wa Ode Nining Setiyawan, Kadir, dan Mustamin Anggo

Institusi Penulis

:

Universitas Halu Oleo

Kata Kunci

:

Etnomatematika, Kawia’a

Nama Jurnal

:

Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika

Volume, Nomor (Tahun)

:

4, 1(2019)

Nomor Halaman

:

1-11

DOI

:

http://dx.doi.org/10.33772/jpbm.v4i1.6519

Sitasi/Citation Artikel

(Format APA)

:

Setiyawan, Wa Ode Nining., Kadir, Kadir,. Anggo, Mustamin. Eksplorasi Etnomatematika Pernikahan (Kawia’a) Masyarakat Binongko, 4(1), 2019, 1-11. doi.org/10.33772/jpbm.v4i1.6519

Artikel 4

Judul Artikel

:

Pembelajaran Etnomatematika Sunda melalui Permainan Endog-endogan dan Engklek untuk Siswa Sekolah Dasar dalam Materi Pecahan

Nama Penulis

:

Supriadi dan Andika Arisetyawan

Institusi Penulis

:

Universitas Pendidikan Indonesia

Kata Kunci

:

Etnomatematika, Pecahan, Engklek, Endog-endogan, Sunda

Nama Jurnal

:

Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematia dan Nilai Islami

Volume, Nomor (Tahun)

:

3, 1(2019)

Nomor Halaman

:

97-101

DOI

:

 

Sitasi/Citation Artikel

(Format APA)

:

Supriadi, Supriadi., Arisetyawan, Andika. Pembelajaran Etnomatematika Sunda melalui Permainan Endog-endogan dan Engklek untuk Siswa Sekolah Dasar dalam Materi Pecahan, 3(1), 2019, 97-101.


Diskusi 2: Mempelajari Bagian-bagian Artikel Jurnal Ilmiah

Untuk mengerjakan diskusi ini, bacalah artikel-artikel yang telah dianalisis pada Diskusi 1 sebelumnya secara cermat dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

a.    Amatilah artikel tersebut dengan cermat. Adakah bagian-bagian berikut pada artikel? Beri tanda centang (√) pada kolom yang sesuai.

Bagian

Artikel 1

Artikel 2

Artikel 3

Artikel 4

Ada

Tidak

Ada

Tidak

Ada

Tidak

Ada

Tidak

Judul Penelitian

 

 

 

 

Intisari/abstrak berbahasa Indonesia

 

 

 

 

Abstract (intisari berbahasa Inggris)

 

 

 

 

Pendahuluan

 

 

 

 

Kajian Pustaka/Landasan Teori

 

 

 

 

Metode Penelitian

 

 

 

 

Hasil dan Pembahasan

 

 

 

 

Simpulan (Simpulan dan Saran)

 

 

 

 

Daftar Pustaka

 

 

 

 

Ucapan Terima Kasih

 

 

 

 

Biografi Penulis

 

 

 

 

 

b.    Berdasarkan informasi pada artikel, mengapa penelitian (pada artikel) tersebut perlu dilakukan? Beri penjelasan secara ringkas!

Artikel 1

:

Untuk mengeksplorasi unsur budaya sebagai konten pembelajaran karena guru perlu memiliki kemampuan untuk mengeksplorasi fenomena-fenomena matematika dalam unsur budaya sebagai konten pembelajaran.

 

 

 

Artikel 2

:

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai etnomatematika yang muncul dalam aktivitas bertani kakao.

 

 

 

Artikel 3

:

Pembelajaran di sekolah kurang memanfaatkan potensi budaya dan permasalahannya dalam pembelajaran sehingga perlu digali lagi mengenai budaya dan permasalahannya untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran.

 

 

 

Artikel 4

:

Untuk menganalisis permainan engklek dan endog-endogan yang akan digunakan untuk pembelajaran berbasis etnomatematika.

Informasi untuk menjawab pertanyaan ini dapat ditemukan pada bagian Pendahuluan.

c. Berdasarkan informasi pada artikel, adakah penelitian-penelitian sebelumnya yang berhubungan dengan penelitian pada artikel tersebut? Bila ada, berikan salah satu contohnya.

Artikel 1

:

Wonda, T. C. R. N. (2016). Implementasi Kriptografi Block Cipher 128 bit Menggunakan Pola Lantai dan Gerakan Tangan Tarian Ja’i. Universitas Kristen Satya Wacana Salatig.

 

 

 

Artikel 2  

  

:

       Agustin, M. A., Sunardi, & Setiawan, T. B. 2017. Aktivitas Etnomatematika Petani

Kopi Di Daerah Sidomulyo Jember Sebagai Bahan Ajar Lembar Proyek Siswa. 1–8.

 

 

 

Artikel 3

:

Tidak ada

 

 

 

Artikel 4

:

Tidak ada

Informasi untuk menjawab pertanyaan ini dapat ditemukan pada bagian Daftar Pustaka.

d.    Berdasarkan informasi pada artikel, berilah tanda centang (√) pada kolom yang sesuai.

Artikel 1

1)

Subjek/Sampel Penelitian

2)

Konten/Lingkup matematika yang diteliti

 

SD/MI

 

Bilangan dan operasinya

 

 

SMP/MTs

 

Aljabar

 

 

SMA/MA

Geometri

 

 

Perguruan Tinggi

Pengukuran

 

 

Masyarakat Umum

 

Analisis Data dan Probabilitas

 

 

Lainnya:

……………………………………

 

Lainnya:

……………………………………

Artikel 2

1)

Subjek/Sampel Penelitian

2)

Konten/Lingkup matematika yang diteliti

 

 

SD/MI

Bilangan dan operasinya

 

 

SMP/MTs

 

Aljabar

 

 

SMA/MA

 

Geometri

 

 

Perguruan Tinggi

Pengukuran

 

Masyarakat Umum

 

Analisis Data dan Probabilitas

 

 

Lainnya:

……………………………………

 

Lainnya:

……………………………………

Artikel 3

1)

Subjek/Sampel Penelitian

2)

Konten/Lingkup matematika yang diteliti

 

 

SD/MI

Bilangan dan operasinya

 

 

SMP/MTs

 

Aljabar

 

 

SMA/MA

 

Geometri

 

 

Perguruan Tinggi

 

Pengukuran

 

Masyarakat Umum

Analisis Data dan Probabilitas

 

 

Lainnya:

……………………………………

 

Lainnya:

……………………………………

Artikel 4

1)

Subjek/Sampel Penelitian

2)

Konten/Lingkup matematika yang diteliti

 

SD/MI

Bilangan dan operasinya

 

 

SMP/MTs

 

Aljabar

 

 

SMA/MA

 

Geometri

 

 

Perguruan Tinggi

 

Pengukuran

 

 

Masyarakat Umum

 

Analisis Data dan Probabilitas

 

Lainnya:

Guru

 

Lainnya:

……………………………………

Informasi untuk menjawab pertanyaan ini dapat ditemukan pada bagian Abstrak, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, atau Simpulan.

e.    Berdasarkan informasi pada artikel, berikan penjelasan secara singkat mengenai jenis penelitian, metode penelitian, pendekatan penelitian, dan/atau prosedur (langkah-langkah) penelitian tersebut dilakukan?

Artikel 1

:

Penelitian deskriptif kualitatif

 

 

 

Artikel 2

:

Penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi

 

 

 

Artikel 3

:

Penelitian Kuantitatif eksploratif dengan pendekatan etnografi

 

 

 

Artikel 4

:

Metode Didactical Design Research (DDR)

Informasi untuk menjawab pertanyaan ini dapat ditemukan pada bagian Abstrak atau Metode Penelitian.

f.     Berdasarkan informasi pada artikel, bagaimana cara peneliti melakukan (teknik) pengumpulan data? Berikan penjelasan secara singkat.

Artikel 1

:

Interview, observasi langsung pada pengiring (alat) musik jai, dan mempelajari dokumen-dokumen yang berkaitan.

 

 

 

Artikel 2

:

Observasi dan wawancara

 

 

 

Artikel 3

:

Wawancara semi terstruktur dan observasi

 

 

 

Artikel 4

:

Refleksi dan Tes kesulitan Belajar

Informasi untuk menjawab pertanyaan ini dapat ditemukan pada bagian Abstrak atau Metode Penelitian.

g.    Berdasarkan informasi pada artikel, adakah keterbatasan atau kelemahan dari hasil penelitian tersebut? Bila ada, berikan penjelasan secara singkat.

Artikel 1

:

Tidak ada

 

 

 

Artikel 2

:

Tidak ada

 

 

 

Artikel 3

:

Tidak ada

 

 

 

Artikel 4

:

Tidak ada

Informasi untuk menjawab pertanyaan ini dapat ditemukan pada bagian Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan & Penutup.

h.   Berdasarkan informasi pada artikel, apakah luaran dari penelitian tersebut? Berikan penjelasan secara singkat.

Artikel 1

:

Pada alat musik untuk ja’I dance dapat digunakan untuk pembelajaran matematika untuk beberapa konsep geometri seperti lingkaran, tabung, kerucut, dan bola.

 

 

 

Artikel 2

:

Bahan ajar siswa berupa paket soal tes dengan topik etnomatematika pada aktivitas petani kakao dengan mengangkat materi perbandingan dan aritmatika sosial.

 

 

 

Artikel 3

:

Pembelajaran berbasis budaya lokal contohnya pada budaya pernikahan Masyarakat Binongko.

 

 

 

Artikel 4

:

Pembelajaran Konsep Pecahan dengan menggunaakn Permainan Tradisional Engklek dan Endog-endogan untuk SD.

Informasi untuk menjawab pertanyaan ini dapat ditemukan pada bagian Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan & Penutup.

i.      Suatu kutipan dapat ditandai dengan nama penulis yang dikutip beserta tahunnya, nomor penunjuk catatan kaki, maupun nomor penunjuk referensi. Perhatikan contoh berikut.

Menurut Budiardjo (2007), partai politik pertama-tama lahir di negara-negara Eropa Barat.

Partai politik mula-mula dijumpai di negara-negara Eropa Barat (Budiardjo, 2007).

Keberadaan partai politik mula-mula dijumpai di negara-negara Eropa Barat1.

Keberadaan partai politik mula-mula dijumpai di negara-negara Eropa Barat [1]

Dari isi artikel (Pendahuluan sampai dengan Simpulan dan Saran), bagian mana sajakah yang memuat kutipan?

Artikel 1

:

Pendahuluan, Hasil dan Pembahasan

 

 

 

Artikel 2

:

Pendahuluan, Hasil dan Pembahasan

 

 

 

Artikel 3

:

Pendahuluan

 

 

 

Artikel 4

:

Tidak ada

 

j.  Berdasarkan informasi pada artikel, berapa banyak sumber informasi (buku/jurnal) yang dipergunakan untuk menyusun artikel penelitian tersebut?

Artikel 1

:

24

 

 

 

Artikel 2

:

12

 

 

 

Artikel 3

:

7

 

 

 

Artikel 4

:

10

Informasi untuk menjawab pertanyaan ini dapat ditemukan pada bagian Daftar Pustaka.

Add Comments


EmoticonEmoticon