Thursday 13 July 2017

Renungan Hari Ini : Untuk Para Perokok

gambar dari senyumperawat.com
Hallo semuanya, kali ini saya akan mengajak anda untuk merenung sejenak. Tema renungan untuk hari ini adalah "Rokok". Mengapa harus rokok? Ada apa dengan rokok?

Hmmm... Apakah anda ini seorang perokok? Apakah anda sadar dengan bahaya merokok? Saya yakin anda sudah tahu bahaya merokok ini. Memang benar, merokok mati tidak merokokpun mati.

Disini saya ibaratkan merokok itu sama saja dengan perbuatan maksiat. Anda tahu perbuatan maksiat itu kan? Saya yakin anda juga sudah tahu apa itu perbuatan maksiat.

Apakah persamaan merokok dengan perbuatan maksiat? Ya, perbuatan maksiat merupakan tidakan manusia yang melanggar hukum moral yang bertentangan dengan perintah Allah. Dan apakah anda tahu akibat dari perilaku manusia yang senantiasa berbuat maksiat? Saya yakin anda juga sudah tahu. Bahkan menurut saya merokok itu lebih buruk dari berbuat maksiat. Mengapa? Akan saya jelaskan satu persatu.

Baca juga Renungan Hari Ini : Mari Jauhi Maksiat Sebelum Terlambat

Jadi persamaan merokok dengan perbuatan maksiat yaitu :

  1. Akibatnya tidak bisa dirasakan secara langsung. Perbuatan maksiat yang senantiasa dilakukan akan menyebabkan orang yang melakukan terjebak dalam api neraka. Dan merokok pun begitu, perokok yang tidak bisa berhenti dari merokok akan menyebabkan dirinya terkena penyakit yang membahayakan dirinya.
  2. Pelakunya sudah mengerti bahaya dari apa yang mereka lakukan. Orang yang melakukan perbuatan maksiat juga sudah tahu, bahwa mereka sedang berbuat dosa,namun tetap mereka lakukan. Dan para perokokpun begitu, mereka sudah tahu bahwa merokok itu membahayakan dirinya, namun tetap mereka lakukan.
Mengapa saya katakan bahwa merokok itu lebih buruk dari perbuatan maksiat? Karena orang lain di sekitar orang yang berbuat maksiat tidak ikut merasakan akibat dari perbuatan maksiat. Sedangkan orang lain di sekitar orang yang sedang merokok ikut merasakan bahaya merokok, bahkan bahayanya lebih parah dari orang yang sedang merokok.

Mengapa para perokok tetap merokok sekalipun ia tahu bahayanya merokok? Memang bahaya dari merokok tidak bisa kita rasakan secara langsung, begitu pula dengan akibat dari perbuatan maksiat yang tidak bisa kita rasakan secara langsung.

Mengapa manusia selalu begitu? Selalu mengabaikan bahaya yang tidak bisa kita rasakan secara langsung. Tetapi apabila kita sudah terkena bahaya tersebut, pastinya kita akan sangat menyesali perbuatan yang pernah kita lakukan. Dan apakah Anda akan membiarkan penyesalan itu terjadi?

Apakah anda masih tidak ingin bertaubat dari merokok? Saya tidak memaksa Anda untuk bertaubat dari merokok, namun ingat pesan dari saya "jangan sampai menyesal".





Sekian,
Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat. ^^








Add Comments


EmoticonEmoticon